Beberapa Makanan Peninggalan Kerajaan Majapahit

JumpaBerita – Beberapa makanan peninggalan kerajaan majapahit. Sejarah kerajaan Majapahit bakal selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Sangat banyak peninggalan yang diwariskan oleh kerajaan Majapahit yang hampir menguasai seluruh Asia Tenggara ini.

Dimulai dari sistem pemerintahan, ajaran hidup di tengah masyarakat hingga bangunan candi-candi yang masih terlihat sampai saat ini. Bukan hanya itu, kerjaan Majapahit juga meninggalan beraneka ragam makanan yang masih bisa dinikmati sampai sekarang. Disini Admin akan mengulas beberapa makanan warisan dari peninggalan kerajaan Majapahit, sebagai berikut :

1. Gudeg

Gudeg merupakan salah satu makanan khas peninggalan kerajaan Majapahit loh guys. Makanan ini cukup terkenal sampai saat ini, bahkan wisatawan mancanegara juga sangat menyukai makanan ini. Makanan ini ada di setiap masa kerajaan di Jawa. Contoh kerajaan Mataram Baru dan kerajaan Mataram Lama.

Baca Juga : Rahasia Kekokohan Tembok Besar China

Sultan Agung, raja terbesar kerajaan Mataram Baru sangat menyukai makanan ini. Gudeg ini terbuat dari perpaduan buah kelapa dan nangka yang saat itu sangat banyak tersedia di hutan. Makanan ini juga banyak disukai oleh masyarakat Jawa hingga sekarang.

2. Tumpeng

Ternyata tumpeng juga merupakan salah satu makanan peninggalan kerajaan Majapahit guys. Makanan ini tersusun dari berbagai bahan makanan yang sering digunakan dalam acara perayaan ulang tahun maupun perayaan besar lainnya. Makanan ini juga dinilai sangat sakral dan tidak sembarang orang memakannya dulu.

Dalam sebuah prasasti peninggalan kerajaan Majapahit tertera bahwa raja sangat menyukai makanan yang beraneka ragam dalam satu tempat. Dan ternyata sejak zaman dahulu masyarakat sudah mengenal dan menyukai menata makanan.

Baca Juga : Kura-kura Rambut Mohawk Terancam Punah

Nasi tumpeng yang sering kita jumpai dan mempunyai bentuk kerucut ini ternyata menyimpan makna tersendiri. Bentuk kerucut ini dilambangkan sebagai gunung Mahameru yang sangat dimuliakan di tanah Jawa.

3. Wader Goreng

Wader goreng ternyata sudah ada sejak masa kerajaan Majapahit. Wader goreng terbuat dari ikan kecil yang bisa ditemui di sungai. Ikan sebesar jari kelingking ini diolah menggunakan sambal yang terbuat dari bawang putih, cabai, bawang merah, jeruk nipis dan tomat.

Kemudian dalam penyajiannya ditambahkan dengan kubis, kemangi dan timun. Zaman dulu wader goreng disajikan di atas piring yang terbuat dari tanah liat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: