Hewan Harus Puasa Sebelum Dikebiri

JumpaBerita – Hewan harus puasa sebelum dikebiri. Salah satu cara untuk menekan peningkatan kasus rabies yang terjadi di Kalimantan Barat adalah dengan melakukan kebiri pada hewan jantan dan sterilisasi pada hewan betina.

“Cara ini merupakan suatu strategi preventif untuk mengendalikan kasus rabies di Kalimantan Barat. Kebiri dilakukan dengan tujuan untuk mensterilkan hewan dari virus-virus tertentu. Selain itu juga bertujuan untuk pengendalian populasi dari hewan tersebut,” ujar Nur Hidayatullah selaku Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kalimantan Barat.

Dayat menyatakan ada beberapa tahapan untuk hewan sebelum dilakukan proses kastrasi. Hal pertama yang harus dilakukan adalah hewan tersebut harus puasa sebelum dikebiri. Hewan harus puasa minimal selama 12 jam, perut hewan harus dikosongkan. Karena akan timbul efek samping dari pembiusan yang bisa menyebabkan hewan tersebut muntah, jelas Dayat.

Baca Juga : Cara Meningkatkan TurnOver Dengan Cepat

Kemudian hewan tersebut harus diperiksa terlebih dahulu mengenai status kesehatannya secara keseluruhan. Apabila hewan tersebut sedang sakit, maka harus dirawat terlebih dahulu. “Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan status kesehatan hewan secara umum. Jika ada infeksi maka hewan tersebut akan diobati terlebih dahulu sebelum pelaksanaan kastrasi,” ujar Dayat.

Hewan yang dominan untuk menggigit dan menularkan rabies adalah anjing. Selain anjing, monyet dan kucing juga masuk dalam daftar proses kastrasi ini. Jika populasinya bisa ditekan, maka secara otomatis rasio penyebaran rabies juga akan menjadi kecil, tambah Dayat. Pihaknya juga telah bekerjasama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan vaksinasi dan sterilisasi di tingkat Kabupaten dan kota.

“Untuk pelayanan kebiri dikenakan biaya standar sebesar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu. Semua itu tergantung dari kebijakan dokter hewan tersebut. Kami akan membantu dalam hal publikasi, peralatan dan SDM ungkap Dayat selaku Ketua PDHI Kalimantan Barat.” Kemudian untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing diharapkan untuk bekerjasama untuk menvaksinasi hewan tersebut.

Game Tembak ikan Online
Daftar Gratis
Poker Bonus Deposit Terbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: