Manfaat Ampuh Kayu Putih Bagi Tubuh

JumpaBerita – Manfaat ampuh kayu putih bagi tubuh. Kayu putih merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Tanaman ini dikenal dengan sebutan Eucalyptus dan sering digunakan untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan seperti pusing, kedinginan, meredakan efek gigitan serangga dan kedinginan.

Kebanyakan orang Indonesia membawa ekstrak kayu putih saat bepergian. Hanya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih saja, badan akan terasa lebih hangat dan nyaman. Tidak hanya ampuh dalam meredakan masalah kesehatan di organ luar tubuh. Kayu putih juga mengandung antioksidan yang mampu membantu memperlambat kerusakan sel.

Konon kayu putih disebut mampu membantu menyingkirkan virus penyakit dengan lebih efektif. Benarkah? Disini admin akan mengulas beberapa manfaat ampuh kayu putih bagi tubuh, sebagai berikut :

1. Memberikan efek rileks

Banyak orang percaya dengan menghirup aroma tanaman herbal akan membantu dalam meredakan pusing dan membuat tubuh menjadi lebih santai. Minyak dari ekstrak kayu putih adalah yang paling terkenal di Indonesia.

Baca Juga : Liga Champions Resmi Digelar Agustus

Umumnya minyak kayu putih dioleskan ke beberapa bagian tubuh yang terasa tidak enak. Namun ada juga yang menggunakan kayu putih dengan cara menyeduhnya dengan air panas dan diminum. Ada juga yang menggunakan kayu putih sebagai aroma terapi dengan meletakkannya di sudut ruangan.

2. Menyegarkan nafas dan menjaga kesehatan gigi.

Salah satu penyebab masalah bau mulut dan kerusakan gigi adalah adanya bakteri yang menumpuk di rongga mulut. Ekstrak kayu putih bermanfaat untuk membuat nafas menjadi lebih segar dan mampu meredakan masalah gigi.

Minyak kayu putih memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi untuk melwan kuman penyebab bau mulut. Kini juga terdapat beberapa produk kesehatan gigi yang banyak mengandung minyak ekstrak dari kayu putih. Sebab ekstrak dari kayu putih ini mampu mencegah penumpukan plak pada gusi dan gigi yang bisa menimbulkan kerusakan gigi.

Baca Juga : Beberapa Makanan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Minyak kayu putih tidak hanya bisa dihirup aromanya atau berfungsi di bagian luar tubuh saja. Ternyata minyak kayu putih juga bisa dikonsumsi loh guys. Cara pemakaiannya juga tidak jauh berbeda dengan minuman herbal lainnya. Minyak kayu putih cukup diseduh dengan air panas kemudian bisa langsung diminum.

3. Menangkal berbagai jenis virus.

Minyak kayu putih mengandung minyak atsiri yang dipercaya mampu melawan berbagai serangan virus, termasuk virus corona. Bukan tanpa alasan, hal ini didukung dari jurnal yang ditulis oleh Sharma dan Kaur pada bulan Maret lalu, “Eucalyptol (1,8-cineole) from Eucalyptus Essential Oil a Potensial Inhibitor of COVID-19 Corona Virus Infection by Molecular Docking Studies.”

Laporan tersebut menjelaskan bahwa kayu putih mengandung senyawa 1,8 sineol dengan kadar tinggi mencapai 47,61 persen. Kandungan itulah yang bermanfaat untuk menghambat infeksi yang disebabkan oleh virus corona. Kandungan cajuputol ini juga berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi virus influenza.

Baca Juga : Penyesalan yang Sering Dirasakan di Usia Tua

4. Meredakan pilek dan batuk.

Minyak kayu putih merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk meredakan gejala flu seperti hitung mampet, pilek ataupun sakit kepala. Caranya juga tidak ribet, cukup dengan mencampur beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas kemudian hirup uapnya hingga lendir keluar. Nah, jalan nafas di hidung pun akan menjadi lebih lancar.

Proses ini secara tidak langsung dapat meredakan batuk yang sering datang ketika kondisi badan kita tidak bugar. Sehingga dapat membantu melegakan tenggorokan.

5. Tinggi antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

Laporan ilmiah menyatakan bahwa kandungan pada kayu putih juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah peradangan akibat dari sel yang rusak. Daun dari kayu putih juga mengandung flavonoid yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas akibat polusi, asap rokok dan sinar ultraviolet. Selain itu kayu putih juga mengandung tanin yang bersifat inflamasi yang berguna untuk melindungi sel-sel tubuh.

Rekomendasi :
Mini Game Online
Permainan Terbaru Capit Duit Online
Poker Bonus Deposit Terbesar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: