Manfaat Susu Kuda Liar Untuk Kesehatan

JumpaBerita – Manfaat susu kuda liar untuk kesehatan, minum susu kuda liar pernah menjadi tren kesehatan beberapa tahun yang lalu. Susu kuda liar dianggap bisa meningkatkan gairah seksual seorang pria, benarkah demikian?

Di Indonesia susu kuda liar dikenal dengan susu yang diperah dari kuda asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kuda ini memang merupakan kuda penghasil susu yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Meski dilabeli “Liar”, kuda ini sebenarnya merupakan kuda yang dibudidayakan secara khusus di peternakan. Kuda ini dilepas ke alam bebas setiap hari selama beberapa jam untuk mencari makanannya sendiri di hutan.

Susu kuda liar tidak bisa dipasarkan dengan sembarangan, susu harus memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia) mengenai kualitas susu yang meliputi berbagai hal. Susu harus kelihatan cair tanpa terdapat benda asing dan warna susu harus putih bersih. Susu kuda liar juga harus memiliki bobot jenis minimal 2%, pH minimal 3, rasa asam dan bau asam yang menyengat.

Baca Juga : Warisan Budaya Memek Lezat Dari Aceh

Susu kuda liar yang dijual umumnya tidak dipanaskan atau ditambah dengan bahan lain. Susu yang asli akan mengalami fermentasi secara alami dan tidak akan menggumpal, sebab kadar kasein susu kuda liar di Sumbawa rendah. Adapun beberapa manfaat susu kuda liar untuk kesehatan, yakni :

  • Membangun massa otot
    Susu kuda liar memiliki kandungan whey protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan protein ini bisa membangun massa otot dan dapat membantu mengurangi lemak tubuh di waktu yang bersamaan, sehingga tubuh akan terlihat lebih padat.
  • Menyehatkan saluran pencernaan
    Susu kuda liar mengandung lysozyme, lactoferrin dan lactadherin yang bisa menekan pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh. Susu kuda liar juga kaya akan laktosa yang dapat menyehatkan saluran pencernaan.
  • Mempercantik kulit
    Susu kuda liar memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat baik bagi kulit sebagai antioksidan.

Baca Juga : Perkembangan Sabung Ayam Online

  • Tidak menimbulkan alergi
    Susu memiliki struktur yang berbeda, susu ini sifatnya mendekati asi (air susu ibu). Susu ini bisa digunakan sebagai susu pengganti bagi bayi yang tidak cocok dengan susu sapi, dengan catatan dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.
  • Mencegah dan menyembuhkan penyakit lain
    Bila dikonsumsi secara rutin, susu kuda liar diyakini dapat mencegah penuaan dini, mempercepat penyembuhan demam berdarah, diabetes dan asma. Susu juga bisa memulihkan kondisi akibat stres.

Lantas bagaimana dengan klaim bahwa susu kuda liar bisa menambah vitalitas pria? Sampai saat ini, belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut. Anda tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter apabila anda memiliki masalah kesehatan yang disebutkan di atas. Sebab semua penelitian di atas masih perlu penelitian lebih lanjut.

Baper Syantiek
Bonus 70%
Angka Sotoy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: