Waspada Penjahat saat Jalanan Sepi di Masa PSBB

JumpaBerita – Waspada penjahat saat jalanan sepi di masa PSBB. Pengendara motor maupun mobil harus waspada terhadap penjahat saat jalanan sepi di masa darurat virus corona ini. Kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan oleh pemerintah daerah membuat beberapa jalanan di daerah menjadi sepi.

Hal ini ternyata dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal untuk melancarkan aksinya. Bagi para pengendara yang masih harus beraktivitas, diharapkan untuk lebih berhati-hati. Penjahat memiliki beragam modus untuk menjerat mangsanya. Seperti yang terjadi pada salah satu pembaca JumpaBerita.

Bagong, nama samarannya, baru saja memberikan informasi, hampir terjebak oleh segerombolan penjahat dengan menggunakan modus klasik. “Pada saat mau berangkat kerja, ada pengendara motor yang mepet terus ke mobil yang dikendarainya sambil menunjuk ban belakang. Seolah memberi informasi bahwa ada masalah pada bagian yang ditunjuk itu,” ujar Bagong.

Baca Juga : Program Promo Cashback 30% Pertamina

“Padahal sebelum berangkat kerja saya sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil dan semua baik-baik saja,” tambah Bagong. Setelah didiamkan beberapa saat, mereka mulai ketuk-ketuk kaca mobil sambil tetap menunjuk ke arah ban belakang dan teriak-teriak.

“Saya mulai curiga, ketika saya melihat ke kiri dan kanan depan sudah ada tiga motor boncengan, seperti kawanan gitu. Kemudian saya langsung mengambil langkah seribu tancap gas,” ungkap Bagong kepada JumpaBerita, Rabu (6/5).

Waspada penjahat saat jalanan sepi di masa PSBB – Sony Susmana selaku Training Director Safety Defnsive Consultant Indonesia (SDCI) juga menyatakan pada saat jalanan sepi di masa PSBB tingkat kriminalitas pun meningkat. Banyak yang nekat untuk melakukan kejahatan demi mencari makan.

Baca Juga : Penyesalan yang Sering Dirasakan di Usia Tua

“Penjahat tidak hanya melancarkan aksinya dengan cara diam-diam. Aksi brutal juga sudah terjadi dan banyak yang jadi sasaran mereka. Penjahat biasanya mengincar pengendara wanita, pengendara yang sendirian atau orang lanjut usia. Karena mereka dianggap lebih tidak sigap, penakut dan lemah,” ujar Sony.

Waspada penjahat saat jalanan sepi di masa PSBB – Sony juga memberikan beberapa tips buat pengendara untuk mengantisipasi tindak kejahatan pada masa PSBB ini, sebagai berikut.

1. Hindari berkendara jika tidak sangat penting atau darurat. Jika hendak berkendara ajaklah keluarga atau teman dalam perjalanan, serta atur arah dan jam berkendara.
2. Pastikan hanya ke tempat tujuan utama dengan tidak singgah di tempat lain, setelah selesai segeralah pulang.
3. Jangan lengah sedikitpun dengan keadaan, karena kita tidak akan pernah tahu siapa yang akan berbuat jahat.
4. Ketika berkendara selalu waspada dengan sekeliling, jika ada yang mencurigakan segera menjauh.
5. Jika ketemu penjahat yang brutal, abaikan saja dan segera arahkan tujuan ke kantor polisi terdekat.
6. Tidak dianjurkan untuk melanjutkan perjalanan tanpa adanya pengawalan.
7. Pengendara motor ataupun mobil disarankan untuk tidak memakai perhiasan ataupun barang berharga lain yang bisa mengundang kejahatan.

Game Tembak ikan Online
Poker Bonus Deposit Terbesar
Togel 4D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: